TUGAS 2 - PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (A)
TUGAS 2 - PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (A)
Nama: Keysa Anadea Aqiva Ajie
NRP: 5025211028
Kelas: PPL A
"Perancangan Perangkat Lunak Sistem Informasi Pendataan Guru dan Sekolah (SINDARU) pada Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan":
Latar Belakang
- Masalah yang Dihadapi: Pendataan manual guru dan sekolah kurang efisien, memakan waktu, dan berpotensi menimbulkan kesalahan.
- Tujuan: Membuat sistem informasi yang dapat mengelola data guru dan sekolah dengan lebih efektif dan akurat.
Metodologi
- Analisis Kebutuhan: Identifikasi kebutuhan pengguna melalui wawancara dan survei.
- Desain Sistem: Menggunakan pendekatan berorientasi objek dengan UML (Unified Modeling Language).
- Implementasi: Perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibuat minimal memiliki spesifikasi sebagai berikut:
- Windows 7 Operating System
- Crystal Report 8.5
- MySQL Server
- MySQL ConnectorODBC
Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam Sistem Aplikasi Pendataan Guru dan Sekolah (SINDARU) ini adalah model Systems Development Life Cycle(SDLC) dengan pendekatan metode waterfall.
Tahap Perencanaan
- Tujuan: Memahami mengapa sistem informasi perlu dibangun dan menentukan langkah pengembangan.
Tahap Analisis
- Tujuan: Menentukan pengguna, fungsi, serta waktu dan tempat penggunaan sistem.
Tahap Desain
- Tujuan: Menentukan operasi sistem terkait perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, antarmuka pengguna, form, laporan, program spesifik, basis data, dan file.
Tahap Implementasi
- Tujuan: Pembangunan atau pembelian dan instalasi sistem.
Metode
- Pendekatan: Waterfall.
- UML: Digunakan untuk memvisualisasikan dan mendokumentasikan desain sistem.
Permasalahan
- Pendataan manual melalui Excel.
- Kebutuhan sistem informasi yang efisien.
- Kemandirian dan kemudahan laporan oleh Dinas Pendidikan.
Tujuan Penelitian
- Menciptakan sistem pendataan guru dan sekolah yang terkomputerisasi.
Hasil dan Pembahasan
- Masalah: Data sering tercecer, hilang, dan duplikasi.
- Keuntungan Waterfall: Identifikasi kebutuhan sebelum pemrograman.
- Kelemahan Waterfall: Desain harus lengkap sebelum pemrograman, proses panjang, pengujian bisa ketinggalan zaman.
Fitur Utama Sistem
- Manajemen Data Guru: Penyimpanan dan pengelolaan informasi pribadi, riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja.
- Manajemen Data Sekolah: Data profil sekolah, fasilitas, dan program studi yang ditawarkan.
- Pelaporan: Laporan berkala dan real-time terkait data guru dan sekolah.
Hasil dan Evaluasi
- Efisiensi: Sistem meningkatkan efisiensi pengolahan data.
- Akurasi: Mengurangi kesalahan yang sering terjadi pada proses manual.
- User Friendly: Antarmuka yang mudah digunakan oleh operator Dinas Pendidikan.
Kesimpulan
Sistem SINDARU berhasil memenuhi kebutuhan pendataan yang lebih efisien dan akurat, serta diharapkan dapat diadopsi di instansi pendidikan lain.
Class Diagram:
Desain Anatarmuka:
Komentar
Posting Komentar