TUGAS 2 - PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (A)

 

TUGAS 2 - PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (A)


Nama: Keysa Anadea Aqiva Ajie
NRP: 5025211028
Kelas: PPL A


Referensi Dokumen:
LINK JOURNAL

"Perancangan Perangkat Lunak Sistem Informasi Pendataan Guru dan Sekolah (SINDARU) pada Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan":

Latar Belakang

  • Masalah yang Dihadapi: Pendataan manual guru dan sekolah kurang efisien, memakan waktu, dan berpotensi menimbulkan kesalahan.
  • Tujuan: Membuat sistem informasi yang dapat mengelola data guru dan sekolah dengan lebih efektif dan akurat.

Metodologi

  • Analisis Kebutuhan: Identifikasi kebutuhan pengguna melalui wawancara dan survei.
  • Desain Sistem: Menggunakan pendekatan berorientasi objek dengan UML (Unified Modeling Language).
  • Implementasi: Perangkat   lunak   yang   digunakan   untuk menjalankan     aplikasi     yang     dibuat     minimal memiliki spesifikasi sebagai berikut:
  1. Windows 7 Operating System
  2. Crystal Report 8.5
  3. MySQL Server
  4. MySQL ConnectorODBC
Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam Sistem Aplikasi Pendataan Guru dan Sekolah (SINDARU) ini adalah model Systems Development Life Cycle(SDLC) dengan pendekatan metode waterfall.



Tahap Perencanaan

  • Tujuan: Memahami mengapa sistem informasi perlu dibangun dan menentukan langkah pengembangan.

Tahap Analisis

  • Tujuan: Menentukan pengguna, fungsi, serta waktu dan tempat penggunaan sistem.

Tahap Desain

  • Tujuan: Menentukan operasi sistem terkait perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, antarmuka pengguna, form, laporan, program spesifik, basis data, dan file.

Tahap Implementasi

  • Tujuan: Pembangunan atau pembelian dan instalasi sistem.

Metode

  • Pendekatan: Waterfall.
  • UML: Digunakan untuk memvisualisasikan dan mendokumentasikan desain sistem.

Permasalahan

  1. Pendataan manual melalui Excel.
  2. Kebutuhan sistem informasi yang efisien.
  3. Kemandirian dan kemudahan laporan oleh Dinas Pendidikan.

Tujuan Penelitian

  • Menciptakan sistem pendataan guru dan sekolah yang terkomputerisasi.

Hasil dan Pembahasan

  • Masalah: Data sering tercecer, hilang, dan duplikasi.
  • Keuntungan Waterfall: Identifikasi kebutuhan sebelum pemrograman.
  • Kelemahan Waterfall: Desain harus lengkap sebelum pemrograman, proses panjang, pengujian bisa ketinggalan zaman.

Fitur Utama Sistem

  1. Manajemen Data Guru: Penyimpanan dan pengelolaan informasi pribadi, riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja.
  2. Manajemen Data Sekolah: Data profil sekolah, fasilitas, dan program studi yang ditawarkan.
  3. Pelaporan: Laporan berkala dan real-time terkait data guru dan sekolah.

Hasil dan Evaluasi

  • Efisiensi: Sistem meningkatkan efisiensi pengolahan data.
  • Akurasi: Mengurangi kesalahan yang sering terjadi pada proses manual.
  • User Friendly: Antarmuka yang mudah digunakan oleh operator Dinas Pendidikan.

Kesimpulan

Sistem SINDARU berhasil memenuhi kebutuhan pendataan yang lebih efisien dan akurat, serta diharapkan dapat diadopsi di instansi pendidikan lain.

Use Case Diagram:



Class Diagram:


Desain Anatarmuka:




















Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETS PPL A_KEYSA ANADEA

TUGAS 2 PPB - KEYSA ANADEA 5025211028