TUGAS APSI D 8 - Keysa Anadea


 TUGAS APSI D 8 - DATA MODELING

Keysa Anadea Aqiva Ajie - 5025211028


DATA MODELLING

Data modelling adalah proses menyederhanakan data menjadi informasi yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Hal ini melibatkan pengorganisasian data ke dalam model data yang mencakup jenis data, klasifikasi, atribut, dan hubungan antar data. Model data ini digunakan sebagai dasar untuk membuat database, merekayasa aplikasi, dan meminimalkan kesalahan.

Selama proses data modelling, tiga jenis model data yang dihasilkan adalah:

  1. Model Data Konseptual (Conceptual Data Model): Model data konseptual berfokus pada konsep bisnis dan aturan yang terkait dengan data. Tujuan utamanya adalah mengatur dan mendefinisikan aturan bisnis serta memahami struktur data yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis. Model data konseptual umumnya tidak tergantung pada teknologi tertentu dan lebih berfokus pada pemahaman bisnis secara keseluruhan.
  2. Model Data Logis (Logical Data Model): Model data logis berfokus pada struktur data dan detailnya seperti atribut, tipe data, dan hubungan antar data. Model ini digunakan untuk proyek pengembangan sistem yang spesifik. Tujuannya adalah untuk mengembangkan peta teknis yang menggambarkan struktur data secara logis dan mengatur aturan terkait dengan data. Model data logis dapat digunakan sebagai dasar untuk merancang skema database.
  3. Model Data Fisik (Physical Data Model): Model data fisik menggambarkan struktur fisik data dalam basis data dan lingkungan aplikasi yang terkait. Model ini terkait dengan implementasi teknis dan menyediakan detail seperti tabel, kolom, indeks, dan elemen lain yang terkait dengan sistem manajemen basis data (Database Management System/DBMS). Model data fisik bergantung pada DBMS yang digunakan dan memberikan panduan tentang bagaimana data akan disimpan dan diakses.


STUDI KASUS : NETFLIX

Netflix adalah layanan streaming yang menawarkan berbagai acara TV pemenang penghargaan, film, anime, dokumenter, dan banyak lagi di ribuan perangkat yang terhubung ke Internet. 





DATA FLOW DIAGRAM


CDM



LDM



PDM


Referensi: 
1.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUIS 2 PBKK - Keysa Anadea (5025211028)

KUIS 1 PBKK - KEYSA ANADEA 5025211028

EAS APSI D - 5025211028